Thursday, February 1, 2018

Ke Jatim Park 3, Berapa Budgetnya?


Awal Desember, suami mengusulkan untuk berlibur ke Dino Park, yang berada dalam kompleks Jatim Park 3. Ini adalah amusement park terkini di Indonesia, yang baru dibuka November lalu. Karena Aksa adalah pecinta berat dinosaurus (dan ayahnya cinta berat sama Aksa LOL), maka suami saya rela dengan rencana nekadnya untuk berlibur ke Jawa Timur. Kenapa nekad? Sebagai a well-planned person, mendadak berlibur itu dalam konsep saya adalah kenekadan karena pertama, kami tidak memiliki tabungan khusus untuk berlibur dan kedua, kami memiliki bayi 10 bulan yang tidak bisa diam!

Saya membayangkan berada di kereta tujuh jam dengan si bungsu saja sudah berkeringat dingin. Bagaimana tidak, di mobil saja dia sudah tidak mau duduk di car seat sementara memeganginya selama perjalanan 30-40 menit bisa membuat pergelangan tangan saya pegal karena ia tak berhenti bergerak. Namun, suami saya meyakinkan bahwa dana Alhamdulillah ada, hotel pun mendapat voucher dari kantor. Jadi, kami tinggal menanggung tiket perjalanan, konsumsi, dan wahana.
Setelah menimbang-nimbang, saya pun setuju untuk berangkat. Traveling dengan bayi dan balita memang melelahkan, namun membayangkan binar mata Aksa ketika melihat dinosaurus kesukaannya surely will make everything paid off.

So, langkah pertama adalah: memesan tiket. Karena kami termasuk mendadak mencari tiketnya (H-14), pilihan yang ramah kantong adalah kereta api. Kebetulan, tanggal liburan kami bertepatan dengan awal liburan sekolah sehingga tiket pesawat Yogyakarta-Malang sudah di atas satu juta rupiah. Not an option.

Kereta api eksekutif pun harganya bervariasi. Yang berangkat dari Jakarta harganya 400-500 ribu, sementara ada satu yang berangkat dari Yogya yaitu Malioboro Ekspress. Alhamdulillah harganya hanya 250 ribu. Untuk tiga orang (bayi masih dipangku) pulang pergi berarti 2 x Rp 750.000 = Rp 1,5 juta. Kami pun memilih Malioboro Ekspress. Selain murah, kami juga mencocokkan waktu keberangkatan dengan kenyamanan anak-anak serta waktu check in hotel. Kereta mahal yang saya sebut di awal berangkatnya tengah malam, jadi saya makin mantap memilih Malioboro Ekspress yang berangkat sekitar pukul delapan pagi.

Baiklah, setelah tiket di tangan (saya memesan memakai traveloka.com, sering juga ke kai.id), suami bertugas mencari rental mobil untuk tujuan Malang-Batu karena hotel tempat kami menginap ada di Malang. Hampir saja suami deal dengan harga Rp 600.000 untuk sewa mobil dan supir 24 jam. Alhamdulillah, ia sempat mencari second opinion dan mendapat mobil seharga Rp 350.000 sudah dengan supir, untuk durasi dari jam 9 pagi sampai 9 malam. 

Karena saya membawa bayi tapi ingin light packing, saya memutuskan untuk menyewa stroller saja di Malang. Hasil googling memunculkan tiga persewaan alat bayi yang dekat dengan hotel (supaya ongkir tidak mahal), dan ketika saya kontak ada satu yang cocok. Untuk sewa satu hari hanya dikenakan Rp 40.000 dengan ongkir Rp 7000. Satu yang lain strollernya sedang disewa, satu sisanya mematok harga terlalu mahal.

Setelah mendapat beberapa komponen biaya, saya pun menyusun anggaran liburan. Budgeting ini sangat membantu membatasi pengeluaran di kota tujuan dan juga memperkirakan besarnya dana yang kita butuhkan. Sekedar ilustrasi, berikut saya cantumkan anggaran liburan ke Jatim Park 3 Desember lalu, in case you need it.

No
Jenis

Harga
Keterangan
1
Transport
Kereta (PP)
1,5 juta
Rp 250.000x3 (PP)


Sewa mobil Malang-Batu-Malang
500.000



Transport stasiun-hotel
Rp 30.000
Taksi/Go Car


Transport hotel-stasiun
Rp 30.000
Taksi/Go Car


Transport stasiun -rumah
Rp 30.000
Go Car
2
Dino Park
Tiket masuk mobil
Rp 20.000



Tiket masuk @100.000
300.000



Sewa sepeda @100.000
200.000


Wahana lain
Galeri Musik @30-50rb
Maks 150.000


(optional)
Jurrasic Action @25rb
Rp 75.000



Fun Tech @30rb
Rp 90.000

3
Makan
Bekal snack + minum
Maks.50rb


Hari pertama
Siang di kereta (bekal aja)
Maks.75rb



Malam @25rb
75.000


Hari kedua
Breakfast hotel




Bekal di jalan PP
Maks.50rb



Makan siang di Dino Park
Maks.100rb



Makan Malam
Maks.100rb


Hari ketiga
Breakfast hotel




Makan siang di kereta
100rb

4.
Oleh-oleh

Maks 300rb

5.
Sewa stroller

60rb
(40+7)
6.
Tak terduga

300rb
porter, obat jika sakit

Total

Rp 1.500.000+
Rp 2.635.000=

Rp 4.135.000
(minus hotel dua hari)

So, cukup akuratkah budgeting di atas?

Kalau secara pengeluaran total cukup akurat. Untuk rental mobil, suami member tip driver plus uang bensin, sehingga harganya mendekati perkiraan. Kemudian untuk tiket masuk mobil ternyata hanya Rp 8000. Begitu juga dengan transport stasiun hotel, ternyata tidak sampai Rp 20.000. Untuk menentukan ini, saya sempat mengecek jarak stasiun-hotel, kemudian saya cek di aplikasi Gojek untuk tarif di Jogja dengan jarak sejenis. Sengaja saya mark up dengan perkiraan harga taksi, karena setahu saya di stasiun ada larangan bagi Go Car untuk mengambil penumpang. 

Untuk makanan pun di kereta ternyata tidak sampai Rp 30.000 satu porsinya. Rasanya pun enak karena sekarang mereka menjual produk jadi dari katering yang sudah bermerk. Saya sempat ingin pengiritan dengan membeli sarapan di random café di stasiun tugu. Harganya mahal, rasanya pun ancur, haha.. So, perjalanan pulang kami makan di kereta. Namun, kalau trip siang biasanya makanan cepat habis, jadi jangan pesan terlalu sore ya.

Budget oleh-oleh relatif ya...tergantung seberapa banyak yang mau diberi. Snack di toko oleh-oleh (rata-rata berbentuk keripik buah dan umbi) berkisar antara Rp 7000 hingga Rp 20.000 dan itu sudah cukup pantas untuk diberikan ke orang lain. Kalau ingin yang agak berat bisa memilih wingko buah atau minuman sari apel. Saya sih pilih yang ringan agar tidak repot di kereta.  

Lalu, yang habisnya lebih banyak dari perkiraan adalah…Indomaret! Nah, ini sering banget ya dikit-dikit mampir, takut kehabisan cemilan. Takutnya beli di Dino Park mahal. Ternyata, disana nggak sempet laper banget karena kami sepakat untuk tidak terlalu lama mengingat si dedek pasti capek. Makan siang di Dino Park pun cuma habis Rp 75.000 karena kami hanya pesan dua porsi nasi sate. Minum sudah bekal air mineral botol.

Untuk budgeting sudah selesai ya. Di postingan selanjutnya insya Alloh akan membahas trip to Dino Park. Thanks for reading!



0 komentar:

Post a Comment